Grade Perusahaan Jasa Kontraktor Pemahaman Tentang Grade

Perusahaan Kontraktor - 2 January 2018, By kontraktor

Grade perusahaan jasa kontraktor pemahaman tentang grade. Pemahaman tentang grade dalam pengkualifikasian perusahaan merupakan hal yang perlu dimengerti saat akan membangun. Ada beberapa grade perusahaan jasa kontraktor, diantaranya adalah kualifikasi K, M, dan juga B. Untuk kualifikasi jenis K, dibagi menjadi tiga yaitu K1, K2, dan K3, pembagian ini disesuaikan dengan jumlah maksimalnilai proyek yang dikerjakan serta klasifikasinya. Untuk grade perusahaan jasa kontraktor K1 memiliki nilai maksimal proyeknya sebesar Rp 1 miliyar klasifikasi 2, Sub klasifikasinya 4. Untuk K2 proyeknya maksimal Rp 1,75 milyar dengan klasifikasi sebanyak 2, namun sub klasifikasinya sedikit lebih banyak yakni 6. Diatasnya ada pula K3 dengan nilai proyek mencapai Rp 2,5 milyar, klasifikasi sejumlah 3, sedangkan sub klasifikasinya 8.
1. Grade perusahaan kecil dan menengah
Untuk grade perusahaan kecil atau K yang digunakan modal dalam jumlah sedikit, teknologi juga masih sederhana, sedangkan resikonya temasuk kecil. Ada pula yang namanya grade menengah atau M dengan menggunakan modal, teknologi, serta resiko menengah dibagi atas M1 dan M2 berdasarkan jumlah nilai proyek, klasifikasi, serta sub klasifikasinya. Untuk nilai proyek maksimal sebesar Rp 10 miliyar, 4 klasifikasi, serta 10 sub klasifikasi termasuk grade perusahan jasa kontraktor M1. Diatasnya ada yang bernama M2 dengan nilai proyek maksimalnya adalah Rp 50 milyar, klasifikasinya tetap yanki berjumlah 4, namun untuk sub kalsifikasinya bertambah banyak yakni sejumlah 12.

2. Kualifikasi tertinggi adalah B2 tidak dibatasi dalam menentukan jumlah nilai proyek
Grade perusahaan jasa kontraktor yang paling besar adalah B dengan dua jenisnya yakni B1 dan B2. Kualifikasi B1 mempunyai nilai proyek maksimalnya sebesar Rp 250 milyar dengan klasifikasi bisa mencapai 4, sedangkan untuk sub klasifikasi yang bisa digunakannya paling banyak adalah 14. Kualifikasi tertinggi adalah B2 yang tidak dibatasi dalam menentukan berapa jumlah nilai proyek yang dikerjakannya karena Jasa kontraktor gedung memang tertinggi. Untuk jumlah klasifikasi dan sub klasifikasinya juga tidak dibatasi. Kualifikasi B, baik B1 maupun B2 ini termasuk yang bermodalkan paling besar, mempunyai resiko juga sangat besar, serta penggunaan teknologi yang canggih. Bagi siapapaun yang akan melakukan pembangunan maka sebaiknya mempelajari pembagian kualifikasi ini agar bisa berjalan dengan lancar.

Grade Perusahaan Jasa Kontraktor Pemahaman Tentang Grade | kontraktor | 4.5