Grade Perusahaan Kontraktor Berhubungan Besarnya Pajak

Grade Perusahaan Kontraktor - 4 January 2018, By kontraktor

Grade perusahaan kontraktor berhubungan dengan besarnya pajak. Bagaimana cara menentukan kriteria perusahaan kontraktor yang melakukan suatu jasa konstruksi untuk memenuhi peraturan pajak PPh? Sesuai dengan ketentuan dasar pajak, ada beberapa peraturan yang mengharuskan adanya pembayaran PPh atas grade pekerjaan atau perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi. Adapun pemotongan PPh pasal 4 (2) ditetapkan atas dasar grade perusahaan kontraktor. Hal ini sudah dicantumkan di SIUJK. Untuk besaran 2% didasarkan apabila kontraktor memiliki sertifikasi kualifikasi setara usaha kecil yang terdiri dari kelompok Grade 1, Grade 1, Grade 3 dan Grade 4. Sesuai dengan nama dan jenis dokumennya, sertifikasi kualifikasi sebuah perusahaan kontraktor tentu akan menjamin bagaimana kualitas pelayanan jasa tersebut. Hal inilah yang menyebabkan jumlah PPh yang dibebankan tergolong cukup ringan.
Untuk perusahaan kontraktor skala lebih besar atau menengah yang juga mengantongi sertifikasi kualifikasi. Karena skalanya di atas usaha jasa konstruksi kelompok kecil, maka grade perusahaan kontraktor yang memiliki kewajiban pajak ini berada dalam Grade 5, Grade 6 dan Grade 7. Jumlah pajak yang harus dibayar adalah 3%. Jumlah tersebut masih tergolong ringan karena perusahaan memiliki serftifikasi. Namun karena skalanya lebih besar maka tentu pembayaran pajaknya pun berada di atas kelompok pertama. Kelompok yang ketiga adalah perusahaan – perusahaan yang tidak atau belum mengantongi sertifikasi kualifikasi usaha. Karena dokumennya belum lengkap, maka jumlah pajak yang dikenakan cenderung lebih tinggi yaitu 4%.

Yang harus digarisbawahi saat ada proses pemotongan dari pembayaran pajak, pihak pelakunya adalah penerima jasa. Sesuai dengan ketentuan di atas jumlah prosentase ditentukan oleh ada atau tidaknya sertifikasi kualifikasi usaha serta grade perusahaan kontraktor. Poin penting lainnya adalah Harga kontraktor rumah kepemilikan SIUJK. Jika SIUJK ada, maka dokumen tersebut dapat menjelaskan tentang perusahaan penyelenggara proyek pembangunan termasuk dalam kategori mana. Jadi, akan lebih mudah untuk melakukan pembayaran pajak. Intinya, jangan sampai menyepelekan proses pembayaran pajak karena hal ini berkaitan dengan legalitas bangunan. Jangan sampai bangunan yang dibuat mendulang masalah bahkan sebelum ditempati. Jika ada yang kurang jelas dalam tiap dokumen atau prosedur maka pihak petugas pajak akan siap membantu.

Grade Perusahaan Kontraktor Berhubungan Besarnya Pajak | kontraktor | 4.5