Harga Kontraktor Jalan Tol Perbedaan Jasa Pemborong

Kontraktor Jalan Tol - 13 February 2018, By kontraktor

Harga kontraktor jalan tol perbedaan jasa kontraktor dan jasa pemborong. Saat membuat jalan tol, kantor atau properti lainnya pasti dibutuhkan seorang tenaga profesional yang bisa mengerjakan pekerjaan tersebut. Karena membangun properti bukan hal yang sepele, maka pemilik harus benar – benar selektif dalam memilih jasa dan harga kontraktor jalan tol atau pemborongnya. Namun sebelum itu, apakah perbedaan keduanya? Pada dasarnya, ruang lingkup kontraktor jalan tol adalah menjalankan proyek sesuai dengan bunyi kontrak. Kontraktor yang profesional biasanya memiliki badan hukum meskipun hanya diketuai satu orang. Pada umumnya karena sistem kontrak inilah lebih banyak pihak pengusaha yang bekerja sama dengan kontraktor. Misalnya saja pengusaha ruko atau mall berskala besar.
1. Sistem pembayaran termin dan sistem cost and fee
Adapun harga kontraktor jalan tol harus mengikuti beberapa sistem. Ada sistem pembayaran termin atau bertahap dan sistem pembayaran cost and fee. Pada sistem yang pertama pembayaran diberikan dalam termin atau tahapan tertentu. Setiap kontrak biasanya dibagi menjadi 4 termin dengan prosentase perkembangan yang variatif. Namun, sebelum membayar dengan sistem termin tetap ada sejumlah uang muka atau DP yang dibayarkan dengan nominal kurang lebih antara 20% sampai 30% dari keseluruhan nilai kontrak atau sesuai persetujuan masing – masing pihak secara legal di mata hukum. Untuk sistem ini pihak pemilik boleh menahan uang dalam prosentase 5% sampai 10% sebagai bentuk jaminan proyek atau garansi.

2. Perbedaan harga kontraktor jalan tol jika menggunakan sistem cost and fee
Harga kontraktor jalan tol berbeda lagi jika menggunakan sistem pembayaran cost and fee. Seperti namanya, pemberian uang akan didasarkan kepada nilai proyek dikali 10%. Dalam hal ini kontraktor harus sudah menyiapkan RAB dan anggaran sampai sedetail mungkin. Cash flow Perusahaan kontraktor bangunan yang dikonsep adalah untuk setiap periode bulanan. Dengan rencana yang detail maka pemilik properti akan bisa melihat berapa kebutuhan pembayaran setiap bulan dan progres Jasa konsultan konstruksi yang akan diperoleh. Dengan demikian, bisa jadi pembaayaran setiap bulan berbeda karena jenis pekerjaan dan kebutuhannya pun berbeda. Namun, menggunakan jasa kontraktor memang lebih cocok untuk customer yang teliti dan detail dalam merencanakan pembangunan atau renovasi jalan tolnya karena ada tenaga profesional khusus sebagai perencana semua dokumen yang dibutuhkan.

Harga Kontraktor Jalan Tol Perbedaan Jasa Pemborong | kontraktor | 4.5