Jasa Konstruksi Pengertian dan Lingkup Jasa Konstruksi

Jasa Konstruksi - 26 November 2017, By kontraktor

Banyak dari kita ingin mengetahui definisi dari “jasa konstruksi” merupakan kegiatan jasa membangun sarana dan prasarana berupa membangun jalan, membangun gedung baik bertigkat maupun tidak, membangun fasilitas sipil beserta instalasi alat mekanikal dan alat elektrikal yang merupakan pelengkap oleh jasa kontraktor. Adapun kegiatan konstruksi yang banyak dikenal adalah jenis pekerjaan, namun dalam prakteknya konstruksi adalah pekerjaan yang terdiri dari beberapa kegiatan lain yang berbeda kemudian digabung menjadi satu kesatuan yang menghasilkan unit bangunan yang utuh ini sesuai UU Nomor 2 Tahun 2017 resmi terbit, dan berlaku sejak 12 Januari 2017. Regulasi baru ini menggantikan UU Jasa Konstruksi Nomor 18 Tahun 1999, yang sebelumnya berlaku selama 17 tahun. Pekerjaan konstruksi diawali dari merencanakan yang dilakukan oleh konsultan perencana.

1. Mandor memberi perintah dan mengawasi buruh, tukang dan ahli bangunan
Kemudian pekerjaan dilaksanakan oleh jasa kontraktor baik borongan maupun harian yang di pimpin oleh manajer/kepala proyek. Manager/kepala proyek bekerja didalam kantor dan menemui klien, sementara pelaksanaan dilapangan dilakukan oleh mandor lapangan yang memberi perintah dan mengawasi buruh bangunan, tukang dan ahli bangunan lainnya. Mereka semua yang dilapangan untuk menyelesaikan fisik sebuah konstruksi bangunan. Juga ada perlindungan keselamatan dimana perlindungan ini termasuk perlindungan bagi pengguna dan penyedia jasa dalam melaksanakan pekerjaan konstruksi.
jasa konstruksi
2. Pekerjaan konstruksi dan jasa konsultansi pengawasan pekerjaan konstruksi
Menurut UU Jasa Konstruksi Nomor 18 Tahun 1999, “Jasa Konstruksi” merupakan layanan jasa konsultansi mulai dari perencanaan hingga pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan layanan jasa konsultansi pengawasan pekerjaan konstruksi. Pengertian utuhnya dari Usaha kontraktor jalan raya merupakan bentuk usaha dalam sektor perekonomian yang berhubungan dengan suatu perencanaan, pelaksanaan hingg pengawasan kegiatan konstruksi bangunan dalam pelaksanaan penggunaan dimana pemanfaatan bangunan tersebut menyangkut kepentingan masyarakat dan pemerintah terkait.
3. Jasa konstruksi lebih kompleks melihat ruang lingkup yang luas
Bagaimana pun Jasa Konstruksi Pengertian memiliki arti luar sebaiknya kita mengacu pada undang undang tersebut, karena dalam dunia akademis lebih banyak ditemukan istilah Jasa Konstruksi lebih kompleks karena juga melihat ruang lingkup yang luas bukan hanya lingkup nasional. Hal ini dikarenakan di lingkungan akademis lebih banyak literatur dari luar negeri. Karena perkembangan teknologi juga mampu mempengaruhi definis yang dahulu dan sekarang sedikit mengalami perubahan definisi Jasa Konstruksi itu sendiri.

Jasa Konstruksi Pengertian dan Lingkup Jasa Konstruksi | kontraktor | 4.5