Jenis Konstruksi Bangunan Gedung Dilihat Struktur Fungsi

Konstruksi Bangunan Gedung - 4 January 2018, By kontraktor

Jenis konstruksi bangunan gedung dilihat dari struktur dan fungsi. Ada beberapa jenis konstruksi bangunan, yang pertama adalah konstruksi gedung. Di kota – kota besar, pembangunan gedung terdiri dari beberapa jenis. Misalnya saja gedung perkantoran, gedung sekolah, pusat perbelanjaan, sampai tempat rekreasi dan hunian. Semakin maju peradaban suatu kota, maka pembangunan gedungnya akan semakin masif dan tinggi. Hal ini disebabkan banyaknya perpindahan penduduk sehingga lahan semakin sempit. Karena lahannya sempit banyak gedung dipertinggi supaya tetap bisa mengakomodasi segala keperluan. Jadi, konstruksinya harus diserahkan pada insinyur sipil serta arsitek dalam bidang perencanaan. Ditambah lagi untuk komponen material atau pengerjaannya harus diserahkan kepada tim dengan komposisi tenaga profesional berkualitas sesuai jumlah yang dibutuhkan.
Jenis konstruksi gedung bangunan yang kedua adalah konstruksi teknik. Konstruksi teknik sendiri terbagi atas 2 kategori antara lain konstruksi gedung dan konstruksi berat. Dalam sebuah proyek pembangunan jalan, ada beberapa kegiatan yang tidak mungkin lepas karena berkaitan erat dengan prosesnya. Kegiatan tersebut antara lain penggalian tanah, pengurukan lubang, pembuatan jalan dari awal hingga proses pengerasan, serta pengelolaan sistem drainasenya. Sementara itu, untuk bidang konstruksi berat contoh proyeknya adalah membuat bendungan, bandara, sistem pemipaan skala besar, serta fasilitas landasan transportasi darat, laut dan udara. Pada umumnya untuk konstruksi gedung harus digawangi oleh Dinas Pekerjaan Umum atau Dinas PU. Sedangkan proyek konstruksi berat harus mendapat naungan dari pemerintah meskipun pada prosesnya ada kerjasama dengan pihak swasta.

Jenis konstruksi bangunan gedung yang kedua adalah konstruksi industri. Sesuai dengan namanya, konstruksi ini mengandalkan sektor industri dan sangat mempengaruhi perkembangan suatu daerah karena dibuat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Contoh bangunan yang dikonstruk gedung dalam jenis ini adalah pabrik dan manufaktur yang besar dengan berbagai standar pengerjaan sekaligus Harga kontraktor rumah dan gedung tertentu. Pada beberapa perusahaan yang telah memiliki standar pabrik atau bangunan lain yang paten, biasanya pihak arsitek selaku perencana disediakan sendiri supaya setiap titik di berbagai negara bisa sama dari standar gedung dan semua kualifikasinya. Jika belum memiliki arsitek sendiri, pada umumnya perusahaan akan bekerjasama dengan salah satu pihak sebagai klien untuk bisa mengembangkan pabriknya.

Jenis Konstruksi Bangunan Gedung Dilihat Struktur Fungsi | kontraktor | 4.5