3 Tahap Konsultan Perencana Konstruksi Bagian Terpenting

Konsultan Perencana Konstruksi - 13 February 2018, By kontraktor

3 tahap konsultan perencana konstruksi ini adalah bagian terpenting. Konsultan perencana konstruksi ada 3 tahap perencana konstruksi. Mungkin sebagian besar dari Anda sudah banyak yang mendengar bahkan memahami apa yang dimaksud dengan konstruksi. Konstruksi merupakan suatu aktivitas pengadaan sarana dan prasarana guna memenuhi suatu tujuan. Biasanya pembangunan yang dilakukan oleh sebuah lembaga kontraktor meliputi pembangunan gedung, pembangunan instalasi elektrikal dan mekanikal serta pembangunan prasarana sipil. Dalam kegiatan konstruksi, ada banyak kegiatan yang diorganisir menjadi satu sehingga proyek yang dikerjakan bisa dilaksanakan dengan sebagaimana mestinya. Kegiatan konstruksi diawali dengan kegiatan perencana yang merupakan tanggungjawab dari tim perencana konstruksi. Jika semua sudah mencapai tahap deal perencana, maka bisa dilanjutkan menuju ke tahap lapangan. Saat proses pembangunan di lapangan, biasanya tim perencana atau Konsultan perencana juga ikut mengawasi. Sehingga resiko akan kekeliruan pembangunan sangat kecil. Di Indonesia sendiri, sudah banyak lembaga kontraktor yang siap memberikan layanan terbaik bagi instansi pemerintahan maupun swasta yang akan mengembangkan pembangunannya. Hingga saat ini, ada sekitar seratus delapan puluh lembaga kontraktor yang sudah tersertifikasi dan tercatat resmi.

Pada tahapan perencana, juga banyak lembaga yang menyediakan konsultan perencana konstruksi. Konsultan ini menyediakan layanan perencana suatu pembangunan sesuai dengan harapan klien. Tidak bisa dipungkiri, masalah proyek pembangunan bukanlah hal yang dipahami oleh semua orang, apalagi jika proyek tersebut megah dan bernilai mencapai milyaran. Harus ada konsultan yang benar-benar memahami seluk beluk konstruksi. Sehingga pembangunan bisa berjalan dengan efektif dan efisien nantinya.
3 Tahap konsultan perencana Konstruksi
Setidaknya ada 3 (tiga) tahapan dalam kegiatan konstruksi (termasuk konsultan perencana konstruksi), yang diatur dalam UU No. 18 Tahun 1999, adalah sebagai berikut:
1. Tahapan perencana konstruksi
Yaitu memberikan layanan atau konsultan kegiatan perencana pembangunan yang meliputi kegiatan studi pengembangan hingga penyusunan kontrak kerja bersama klien.
2. Tahapan pelaksanaan konstruksi
Yaitu memberikan layanan atau konsultan pelaksanaan pembangunan meliputi kegiatan persiapan lapangan hingga pelaporan hasil kemajuan (progress) pembangunan.
3. Tahapan pengawasan konstruksi
Yaitu memberikan layanan atau konsultan pengawasan pelaksanaan konstruksi mulai Jasa konstruksi bangunan baja ringan dari persiapan lapangan, pelaporan hingga tahap akhir pembangunan konstruksi.
Jika Anda berminat untuk menggunakan konsultan perencana konstruksi, pilihlah konsultan konstruksi yang sudah mendapat banyak rating atau review positif dari para customer.

3 Tahap Konsultan Perencana Konstruksi Bagian Terpenting | kontraktor | 4.5