Kualifikasi Bidang Jasa Konstruksi Kunci Ekonomi dan Infrastruktur

Jasa Konstruksi - 27 January 2019, By kontraktor

Kualifikasi bidang jasa konstruksi merupakan kunci ekonomi dan infrastruktur di indonesia. Berdasarkan kepentingan ekonominya yang tinggi, Pemerintah Indonesia telah mengidentifikasi kualifikasi bidang jasa konstruksi sebagai sektor prioritas untuk mendapat anggaran khusus sesuai kebijakan pemerintah. Pembangunan infrastruktur Indonesia akansemakin berkembang selama periode 2017-2021, didorong oleh jenis investasi di bidang konstruksi bangunan, energi dan proyek perumahan. Secara riil, output bisnis konstruksi tumbuh sebanyak 6,2 persen pada tahun 2016, mengikuti pertumbuhan tahunan seperti empat tahun sebelumnyayakni rata-rata 6,6 persen. Dewasa ini, pertumbuhan yang didukung oleh investasi pada sektor swasta dan publik dalam proyek perumahan dan infrastruktur, sertademografi yang menjanjikan dan menguntungkan, menyebabkan peningkatan jumlah permintaan untuk bisnis di kualifikasi bidang jasa konstruksi.
Investasi pemerintah Indonesia pada anggaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010-2014 dalam usahanya mengembangkan infrastruktur milik negara juga telah mendukung pertumbuhan infrastuktur selama periode yang telah dipertimbangkan. Berfokus pada pengembangan unit perumahan danpembangunan infrastruktur transportasi yang terjangkau,nantinya dua hal tersebut akan menjadi kunci dari pendorong pertumbuhan konstruksi selama periode yang diperkirakan. Pertumbuhan bisnis konstruksi juga akandidukung oleh pemerintah yang bertujuan mengembangkan infrastuktur transportasi milik negara sesuai Program Pembangunan 2015-2019. Nilai dari output industry inipada kenyataannya diperkirakan mencapai tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebanyak 7,68 persen dari periode yang diperkirakan, sedikit lebih tinggi dibanding 6,49 persen selama periode yang telah dipertimbangkan pada tahun 2012-2016. Contoh kasus yang paling konkret dari bisnis konstruksi ini adalah konsumsi bahan bangunan beton di Indonesia yang telah meningkat kira-kira 8 persen pada tahun 2017, hingga mencapai 68 juta ton. Proyek kualifikasi bidang jasa konstruksi infrastruktur juga telah dipimpin oleh pemerintah.
Kualifikasi bidang jasa konstruksi
Terlepas dari dukungan pemerintah dalam pembangunan infrastruktur dan juga demografi yang memberikan keuntungan pada negara, bisnis di kualifikasi bidang jasa konstruksi Indonesia diramalkan akan menghadapi hambatan/tantangan selama periode yang diperkirakan. Terutama dana yang jumlahnya terbatas, penundaan proyek konstruksi, masalah tentang pembebasan lahan dan juga korupsi politik yang diramalkan akan membatasi adanya potensi pertumbuhan infrastruktur pada awal periode yang diperkirakan.

Kualifikasi Bidang Jasa Konstruksi Kunci Ekonomi dan Infrastruktur | kontraktor | 4.5