5 Cara Memilih Pengadaan Jasa Konstruksi Gedung Dari Agen

Jasa Konstruksi - 27 January 2019, By kontraktor

Pengadaan jasa konstruksi gedung mencakup pengadaan barang dan bahan bangunan, jasa konsultasi, pekerjaan konstruksi, dan jasa-jasa lainnya. Secara singkat, pengadaan barang meliputi semua jenis benda yang berwujud atau tak berwujud, khususnyabahan material bangunan, yang diperdagangkan agar dapat dipakai dan dimanfaatkan oleh penggunanya. Sedangkan pengadaan pekerjaan konstruksi berhubungan dengan pekerjaan pelaksanaan bangunan konstruksi atau pembuatan benda fisik lainnya. Pengadaan konsultasi meliputi jasa professional untuk melayanai klien/konsumen yang membutuhkan keahlian tertentu di bidang ilmu konstruksi. Dan pengadaan jasa lainnya mencakup layanan jasa bagi klien yang membutuhkan suatu keahlian khusus dalam sistem tata kelola guna menyelesaikan pekerjaan tertentu,selain pengadaan barang, pelaksanaan pekerjaan konstruksi dan jasa konsultasi.
Pengadaan jasa konstruksi gedung. Cara memilih agen dari pengadaan jasa konstruksi bisa dilakukan dengan melakukan beberapa cara sebagai berikut :
1. Pelelangan terbatas.
Artinya, penyedia jasa konstruksi yang akan dipilih Pengadaan jasa konstruksi gedung hendaknya mampu melakukan pekerjaan konstruksi dengan kuota terbatas dimana jenis pekerjaan yang dilelang ini termasuk pekerjaan yang rumit dan kompleks, beresiko tinggi, membutuhkan teknologi yang canggih dan didesain khusus, atau bisa juga merupakan jenis pekerjaan dengan nilai di atas 100 miliar rupiah.
2. Pelelangan umum.
Ini merupakan jenis metode pemilihan penyedia jasa konstruksi yang bisa diikuti oleh semua level penyedia jasa konstruksi selama penyedia jasa tersebut memenuhi syarat.
3. Pemilihan langsung.
Jika metode pelelangan terbatas dan pelelangan umum dianggap kurang efisian, maka pemilihan agen Pengadaan jasa konstruksi gedung bisa dilakukan dengan cara pemilihan langsung.
Pengadaan jasa konstruksi gedung
4. Penunjukkan langsung
Dilakukan dengan cara menunjuk langsung dari pihak pengguna jasa kepada satu pihak penyedia jasa. Melalui negosiasi kedua pihak bisa membicarakan tentang kesepakatan biaya maupun teknis, sehingga tercapai kesepakatan dengan teknis yang bisa dipertanggungjawabkan dan harga dengan jumlah yang wajar.
5. Pengadaan langsung
Yaitu pemilihan untuk pengadaan jasa konstruksi gedung kepada penyedia jasa secara langsung. Tidak ada pelelangan atau pemilihan atau penunjukan langsung. Hal ini bisa terjadi manipulasi pengadaan karena terjadi dengan pemilihan langsung sehingga memperlebar kasus yang mengarah pada tindakan pidana.

5 Cara Memilih Pengadaan Jasa Konstruksi Gedung Dari Agen | kontraktor | 4.5