Jasa Konstruksi Jalan Raya Tarif Pph Melalui Lpjk Konstruksi Jalan

Jasa konstruksi jalan raya tarif pph melalui lpjk konstruksi jalan sesuai peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2008, usaha jasa konstruksi jalan raya termasuk dalam jenis objek pajak yang wajib membayarkan pajak penghasilan atau PPh, Final Pasal 4 ayat 2 (2). Pada kegaitan usaha ini, kontraktor ataupun pengusaha yang memberi layanan jasa konstruksi adalah subjek pajaknya. Semua termasuk bagi yang belum dan yang sudah mempunyai sertifikat serta kualifikasi profesional di bidang konstruksi pada ketentuan yang sudah diatur di dalam peraturan. Peraturan ini dibuat oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Nomor 11 Tahun 2006. Sertifikasi serta kualifikasi ini adalah yang dikeluarkan dan sudah ditetapkan oleh Sertifikat Badan Usaha yang terbit lewat LPJK. SBU sendiri adalah sertifikat yang merupakan tanda bukti dengan legalisasi formal dan berkaitan dengan kapabilitas yang juga mengacu pada klasifikasi dan kualifikasi suatu usaha.
Kategorisasi Usaha dan Jasa Konstruksi Jalan Raya
Sebelum membahas tentang tarif jasa konstruksi jalan raya, ada kurang lebih tiga kelompok yang menyesuaikan kategorisasi PPh Final Pasal 4 ayat (2), yakni :
1. Jasa Perencanaan Konstruksi
2. Jasa Pelaksanaan Konstruksi
3. Jasa Pengawasan Konstruksi
Jasa konstruksi jalan raya
Tarif konstruksi jalan raya PPh
Mengacu pada tarif jasa konstruksi dan PPh yang dikenakan pada bidang ini, ada beberapa perbedaan yang nilainya berdasar pada kepemilikan dan masa berlaku SBU. Khusus pada usaha jasa pelaksanaannya, perbedaan tarif ada dan dibedakan oleh tingkatan kualifikasi kompetensi kontraktor. Ini mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 08/PRT/M/2011 tentang Pembagian Subkalsifikasi dan Subkualifikasi Usaha Jasa Konstruksi.
Kalau anda mencari tarif PPh akhir yang mengacu pada Pasal 4 ayat (2) pada usaha jasa konstruksi, ialah:
1. Jasa Perencanaan Konstruksi : 4 persen
2. Jasa Pelaksanaan Konstruksi : 2 persen
3. Jasa Pengawasan Konstruksi : 4 persen
Untuk melakukan pembayaran yang bisa anda lakukan adalah melalui setoran sendiri yang dilakukan oleh kontraktor. Yap, begitulah kurang lebihnya pembahasan penulis mengenai dari jasa konstruksi jalan raya serta pembayaran pajak PPh wajib-nya. Sudah jelas, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *