Konstruksi Bangunan Sipil Bagian Bagian Yang Ada Di Dalamnya

Konstruksi bangunan sipil bagian bagian yang ada di dalamnya ada beberapa bagian dalam konstruksi bangunan. Bangunan ini dalam pembagiannya memiliki fungsi sebagai pendukung sekaligus penunjang. Pada masing masing bagian, karakteristiknya berbeda beda. Sesuai dengan tujuan awal ketika dibangun, bahan bakunya pun berbeda. Intinya, bagian pada konstruksi bangunan sipil mempunyai dasar, yakni bagian paling bawah dan paling atas. Bangunan paling bawah terletak persis pada permukaan tanah, sedangkan bagian paling atas adanya di atas permukaan tanah.
1. Konstruksi Bangunan Bagian Bawah
Terletak di permukaan bawah, idealnya suatu bangunan yang berada disini mempunyai guna dan fungsi sebagai penopang. Cirinya adalah, memiliki struktur kuat, tidak mudah bergerak dan mempunyai stabilitas kondisi yang tinggi. Salah satu dari banyaknya jenis, pondasi dan balok beton adalah salah satunya. Mari kita bahas satu per satu.
2. Pondasi
Ini adalah bagian paling bawah dalam suatu konstruksi bangunan sipil yang letaknya langsung berhubungan dengan tanah dengan struktur dan bentuk keras. Guna dari pondasi adalah menahan beban bangunan secara keseluruhan dan melempar beban tersebut langsung ke tanah sekitarnya.
3. Balok Beton
Berada persis di atas pondasi, balok beton sangat penting keberadaannya. Guna dari balok beton adalah penerus dari beban bangunan yang langsung menuju pondasi. Tentu, dengan adanya balok beton proses konstruksi bangunan sipil terhadap suatu bangunan juga amat terbantu kecepatannya.
Konstruksi bangunan sipil
4. Konstruksi Bangunan Bagian Atas
Fungsi dalam konstruksi bangunan sipil, bagian atas bangunan adalah dukungan terhadap pendirian suatu bangunan. Bagian atas bangunan ini, biasanya; dinding, ventilasi, balok latei, ring, kuda kuda dan atap. Beberapa juga akan penulis jabarkan masing masing guna dan fungsinya di bawah.
5. Dinding
Berada persis di atas sloof, guna dari dinding adalah penutup interior bangunan, untuk partisi ruangan dan estetika keindahan bangunan.
6. Kolom
Kolom juga bagian dari suatu konstruksi bangunan sipil yang letaknya ada di atas sloof dan sela pada dinding. Gunanya adalah penyangga utama terhadap beban bangunan di atasnya. Kolom juga sangat berguna untuk mengikat dinding dengan tujuan menstabilkan dinding bangunan.
7. Ventilasi
Variabel dari ventilasi biasanya, adalah; pintu, jendela dan lubang udara. Ventilasi amat berperan terhadapa kenyamanan, keamanan dan keindahan suatu bangunan. Untuk peletakan ventilasi, tidak bisa sembarangan. Antara dinding satu dengan lainnya harus mempunyai minimal satu kesatuan. Yap, itu dia beberapa variabel dalam konstruksi bangunan sipil yang ada dan kontraktor ditemui dalam pembuatan bangunan apapun yang kini sering dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *