Nama Perusahaan Kontraktor Indonesia Apa Yang Dinasionalisasi

Di negara kita terdapat nama perusahaan kontraktor indonesia yang pernah dinasionalisasi. Belanda menjajah Indonesia kurang lebih selama 350 tahun. Meskipun estimasi waktu tersebut tidak berlaku di seluruh wilayah, tetapi kurang lebih sejak invasi pertama Belanda memasuki Indonesia ada rentangan waktu yang amat panjang sebelum ada perjuangan demi perjuangan dalam merebut kemerdekaan. Tidak hanya mengambil sumber daya alam dan manusia, Belanda juga membuat berberapa perusahaan yang berguna untuk memajukan pemerintahannya di Indonesia. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Pembangunan infrastruktur adalah salah satu poin penting dalam pembangunan ekonomi dan pemerintahan. Setelah Belanda mundur, ada beberapa nama perusahaan kontraktor Indonesia yang dinasionalisasi karena telah berpindah tangan menjadi milik warga negara kita.
Lalu, apa saja nama perusahaan kontraktor Indonesia yang dinasionalisasi tersebut? Berdasarkan urutan abjad, ada nama PT. Amarta Karya yang merupakan BUMN dengan nama asli NV Constructie Werk Plaatsen De Vri’es robbe Lindeteves dengan konsentrasi bidang konstruksi baja. Untuk pelayanannya, PT yang sudah dinasionalisasi sejak tahun 1962 ini memiliki 2 kategori yaitu jasa konstruksi khusus atau spesialis serta industri penunjang konstruksi. Di urutan nomor 2, ada PT Hutama Karya yang memiliki nama asli Hollandsche Beton Maatschappij (HBM). Pada tahun 1961 perusahaan ini dinasionalisasi dan berubah nama menjadi PN. Hutama Karya. Setelah itu, pada tahun 1973 terjadi lagi perubahan nama menjadi PT. Hutama Karya.
Nama Perusahaan Kontraktor
PT. Waskita Raya menjadi salah satu dari deretan nama perusahaan kontraktor Indonesia yang dinasionalisasi. Perusahaan ini banyak bergerak di bidang pembangunan yang amat luas. Bahkan , saat ini anak Perusahaan kontraktor bangunan swasta sudah ada 6 antara lain PT. Pejagan Pemalang Tol Road, PT. Waskita Karya Reality, PT. Istaka Kaya, PT. Waskita Toll Road, PT. Waskita Beton Percast, dan PT. Waskita Karya Energi. Adapun nama asli perusahaan ini saat masa pemerintahan Belanda adalah Volker Aannemings Maatschappij N. V. Setelah beroperasi sekian tahun, baru pada 1961 terjadi proses nasionalisasi. Pada tahun 1973 nama perusahaan kontraktor indonesia ini diubah bentuknya menjadi perseroan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *