Pengadaan Jasa Konstruksi Bangunan Memiliki 4 Tahapan Lelang

Pengadaan jasa konstruksi bangunan memiliki 4 tahapan lelang. Pengadaan jasa konstruksi adalah sebuah prosedur untuk mengadakan proyek pembangunan yang melibatkan pekerjaan arsitektur dan sipil. Biasanya dilaksanakan oleh perseorangan atau kelompok untuk membangun bangunan tertentu yang sifatnya publik maupun khusus.
Dalam mengadakan proyek konstruksi demikian, seorang kepala pengadaan jasa, atau sebut saja sebagai Mandor dilarang sembarangan melangkah. Semuanya harus dipersiapkan dengan matang. Mandor mesti paham tahap dan prosedur kerja yang mesti dilaksanakan. Semua tahap dan prosedur tersebut harus dikerjakan secara urut dan runtut. Agar pengadaan jasa konstruksi bangunan berjalan dengan sukses dan sempurna. Adapun 4 tahap yang mesti dilaksanakan adalah sebagai berikut :
1. Tahap Planning
Tahap pengadaan jasa konstruksi bangunan ini merupakan sebuah tahap di mana perencanaan dibuat. Pada tahap ini, akan direkrut seorang konsultan yang akan bekerja menghasilkan masterplan konstruksi, termasuk di dalamnya juga perincian biaya.
2. Tahap Design
Tahap design merupakan tahap pengadaan jasa konstruksi bangunan di mana desain akan dibuat. Yakni desain rancangan bangunan akan seperti apa. Desain dibuat secara detail dan menyeluruh. Selain itu, desain juga sebaiknya dibuat menjadi fleksibel dan dinamis. Apalagi untuk proyek yang besar, di mana kadang perlu dilakukan perombakan mendadak karena perubahan lingkungan geografis atau yang lainnya. Namun terkait dengan matematis sipilnya tentu saja sudah fix, agar tidak terjadi kecelakaan.
3. Tahap Auction
Action merupakan tahap pelelangan dalam pengadaan jasa konstruksi bangunan. Di sini akan dipublikasikan iklan atau pengumuman tentang kebutuhan jasa kontraktor dan akan dipilih pula kontraktornya. Sistem pelelangan ini hanya boleh diikuti oleh kontraktor dengan grade yang sesuai.
Pengadaan Jasa Konstruksi Bangunan
4. Tahap Construction
Tahap akhir dalam pengadaan jasa konstruksi bangunan adalah Construction. Yang artinya proyek konstruksi mulai berjalan. Tentunya proyek ini akan dikerjakan oleh kontraktor yang menang tender atau pelelangan dalam tahap auction. Selama proyek berjalan, konsultan juga masih dibutuhkan untuk turut mengawasi dan memberikan saran.
Itulah beberapa tahap-tahap dan prosedur yang mesti dilewati dalam mengadakan jasa konstruksi. Memang untuk memulai suatu proyek konstruksi itu butuh proses. Baik yang budgetnya tinggi maupun rendah, semuanya butuh proses.
META
Judul : 4 Tahap dan Prosedur Perusahaan kontraktor indonesia.
Deskripsi : Pengadaan Proyek Perusahaan konstruksi bangunan adalah sebuah prosedur untuk mengadakan proyek pembangunan yang melibatkan pekerjaan arsitektur dan sipil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *