PT Konstruksi Kontraktor Perencana, Pelaksana Dan Pengawasan

Berikut peran PT konstruksi kontraktor perencana, pelaksana, dan pengawasan yang banyak membangun gedung megah. Selama ini kita kerap disuguhi hasil maha karya PT konstruksi kontraktor perencana dengan pemandangan gedung di kota-kota besar dengan kemegahan gedung-gedungnya. Gedung itu tidak tiba-tiba ada. Gedung itu juga tidak turun dari langit. Gedung itu merupakan karya dari suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi. Dimana jasa tersebut membangun prasaran sipil dan istalasi mekanikal dan elektrikal. Anda mungkin mengira, kerja dalam perusahaan tersebut akan membutuhkan tenaga ahli yang itu-itu saja. Padahal tidak. Kerja di bidang ini membutuhkan banyak keahlian dan dibutuhkan bidang-bidang atau sub-bidang yang bekerja.
Sedangkan menurut pemerintah Indonesia, PT konstruksi kontraktor perencana yang boleh melakukan pekerjaan tersebut berbentuk Perseroan Terbatas (PT) atau perusahaan yang bukan berbadan hukum seperti CV, Fa, Pb, Koperasi, dsb. Bila ada perusahaan lainnya yang bergerak di bidang jasa konstruksi mestinya sudah mestinya memiliki kesamaan dengan perusahaan tersebut. Pemerintah sendiri mengatur hal demikian dalam UU No. 18 tahun 1999 sebagai berikut :
1. Perencana PT konstruksi kontraktor perencana yaitu yang memberikan layanan jasa perencanaan dalam konstruksi yang meliputi rangkaian kegiatan atau bagian-bagian dari kegiatan mulai dari studi pengembangan sampai dengan penyusunan dokumen kontrak kerja konstruksi, ini umumnya disebut konsultan perencana.
2. Pelaksana PT konstruksi kontraktor perencana yaitu yang memberikan layanan jasa pelaksanaan dalam pekerjaan konstruksi yang meliputi rangkaian kegiatan atau bagian-bagian dari kegiatan mulai dari penyiapan lapangan sampai dengan penyerahan akhir hasil pekerjaan konstruksi, yang umumnya disebut kontraktor konstruksi.
PT Konstruksi Kontraktor Perencana
3. Pengawasan PT konstruksi kontraktor perencana yaitu kegiataan yang memberikan layanan jasa pengawasan baik sebagian atau keseluruhan pekerjaan pelaksanaan konstruksi mulai dari penyiapan lapangan sampai dengann penyerahan akhir konstruksi, ini biasa disebut konsultan pengawas.
Nah, sudah jelaskan? Selama ini gedung-gedung megah nan keren yang kita saksikan itu ternyata merupakan buah karya dari perusahaan konstruksi atau sejenisnya. Pemerintah sendiri sudah mengaturnya dengan peraturan yang rapi dan ketat. Agar kontraktor tidak sak karepe udele dewe dalam mengemban pekerjaan tersebut. Karena bila tidak diawasi maka bisa jadi perusahaan konstruksi membangun gedung-gedung megah dengan mengabaikan berbagai hal yang sudah menjadi aturan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *